adalah layanan digital yang mengumpulkan, merawat, dan mendistribusikan materi digital. Repositori adalah alat penting untuk melestarikan warisan organisasi, memfasilitasi pelestarian digital dan komunikasi ilmiah.
SEM (Shell Eco Marathon) merupakan kompetisi dimana mobil dituntut memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi serta aman bagi pengemudi, tentunya mobil memiliki beberapa bagian dan sub-bagian. Rangka merupakan hal yang paling dasar dari empat bagian dasar dalam mobil karena hampir seluruh sub-bagian mobil akan melekat atau terpasang pada rangka, rangka kendaraan roda empat memiliki beberapa jenis seperti tubular frame, monokok frame, rectangular ladder frame dan backbone frame. Yang menjadi perhatian dalam perancangan, pembuatan dan pengujian dalam tugas akhir ini adalah jenis tegangan pada rangka, beban yang terjadi pada rangka,bobot keseluruhan rangka, keamanan serta ergonomik terhadap pengemudi, serta kekuatan pada bagian kritis rangka. Hal tersebut dimaksudkan untuk dapat mengetahui kekuatan rangka saat diberi beban, serta menjamin bahwa pengemudi mobil akan aman saat terjadi hal yang tidak diinginkan (contoh terguling). Perancangan rangka biasa dilakukan dengan menggunakan Software CAD dengan menggunakan metoda VDI 2221 dilanjut dengan pembuatan rangka lalu dilakukannya pengujian baik itu menggunakan Software ataupun dilakukan secara nyata pada rangka. UKM otomotif Polman sudah beberapa kali melakukan analisa bahan serta ukuran bahan untuk rangka mobil untuk kompetisi SEM dan KMHE sebelumnya, yang merupakan project akhir Mahasiswa D-III prodi Teknik Mekanik Umum. Maka dari itu, penelitian ini akan difokuskan pada perancangan rangka, pembuatan rangka serta pengujian kekuatan rangka. Adapun metodologi penelitian yang dilakukan yaitu, pada tahap awal, dilakukan studi literatur dan perancangan rangka mobil, lalu diuji menggunakan Software untuk mengetahui titik kritis sehingga dapat dilakukan penyempurnaan. Selanjutnya dilakukan pemesanan material, proses manufaktur (Pembuatan), dan Quality Control yang mengacu pada regulasi dari kompetisi yang akan diikuti. Setelah rangka disempurnakan, dilakukan proses pengujian pembebanan terhadap rangka pada titik kritisnya. Hasil pengukuran yang didapatkan berupa defleksi yang terjadi yang kemudian akan diolah dan dianalisa. Adapun tujuan dari Tugas Akhir ini diharapkan dapat menghasilkan rangka yang kuat, ringan, mudah dibuat, serta sesuai regulasi keamanan kompetisi, sehingga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar mobil. Kata kunci: mobil, rangka, pengujian, perancangan