Publikasi View

Repository

Politeknik Manufaktur Bandung

adalah layanan digital yang mengumpulkan, merawat, dan mendistribusikan materi digital. Repositori adalah alat penting untuk melestarikan warisan organisasi, memfasilitasi pelestarian digital dan komunikasi ilmiah.


Pengaruh Pemahaman Mahasiswa tentang Mutu Pendidikan terhadap Persepsi Layanan di Polman Bandung

Dindin Sulaeman

Abstract

Politeknik Manfaktur Negeri Bandung (Polman) sebagai institusi pendidikan tinggi vokasi telah menjalankan pendidikan dan menerima mahasiswanya sejak tahun 1976. Sejak meluluskan mahasiswa yang pertama hingga saat ini selalu menjaga mutu lulusannya. Agar mutu lulusannya terjamin, sejak April 2003 Polman sudah menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) - ISO 9001:2000. SMM - ISO 9001:2000 mensyaratkan kepada penggunanya, untuk merencanakan, menerapkan, memelihara serta mengembangkan sistem secara berkelanjutan. Dengan demikian, diharapkan Polman sebagai pengguna SMM - ISO 9001:2000 bisa lebih mampu memuaskan pelanggannya yaitu mahasiswa, orangtua mahasiswa, industri dan pemerintah. Polman dalam menerapkan SMM - ISO 9001:2000 mempunyai tujuan untuk memuaskan pelanggannya. Agar mengetahui tingkat kepuasan pelanggan, ada beberapa cara. Salah satunya adalah mengukur kepuasan pelanggan utama yang langsung dilayani dalam aktifitas hariannya yaitu mahasiswa. Cara yang ditempuh untuk pengukuran ini melalui quesioner. Adapun hal - hal yang diukur antara lain untuk mengetahui sejauh mana layanan dosen; kondisi alat & perlengkapan pendidikan serta layanan Polman secara umum. Berdasarkan informasi yang didapat dari hasil pengukuran, dijadikan untuk secara terus menerus meningkatkan layanan kepada pelanggan; melakukan aksi koreksi terhadap ketidak - sesuaian segala hal yang telah dijanjikan kepada mahasiswa baik yang tersurat ataupun tersirat; serta mencegah / mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang cenderung akan terjadi bila tidak dilakukan aksi pencegahan.


Full Text

PDF