Publikasi View

Repository

Politeknik Manufaktur Bandung

adalah layanan digital yang mengumpulkan, merawat, dan mendistribusikan materi digital. Repositori adalah alat penting untuk melestarikan warisan organisasi, memfasilitasi pelestarian digital dan komunikasi ilmiah.


Kaji Banding Dan Pengujian Efektifitas Pembelajaran Bahasa Pemrograman C++ Dengan Menggunakan Aplikasi Icode

Gun Gun Maulana

Abstract

Pengembangan dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan dapat menjadi alat bantu pembelajran yang efektif. Aplikasi icode memungkinkan kegiatan belajar menjadi sangat fleksibel, tidak terikat waktu dan tempat serta memberi kesempatan kepada siswa untuk aktif sehingga tercapai pembelajaran yang bermakna. Bahasa pemrograman merupakan matapelajaran atau mata kuliah yang menuntut ketelitian dan keuletan yang tinggisehingga dituntut metode yang tepat. Untuk itu diperlukan model dan media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk mencapai kompetensi dasar dan indikator pembelajaran. Penggunaan aplikasi icode dapat menjadi pilihan media untuk tujuan tersebut. Dalam penelitian ini dirancang dan diuji efektifitas suatu aplikasi icode. Pengujian telah dilakukan dengan responden mahasiswa D4 Sekolah Teknik Elketro dan Informatika yang merupakan sasaran pengguna untuk mengetahuhi efektifitas aplikasi dalam menunjang pembelajaran.Responden dibagi ke dalam dua kelompok yaitu kelompok ekspeiman dan kelompok kontrol.kedua Kelompok diberikan pretest untuk mengetahui kemampuan awal masing – masing kelompok. Selanjutnya kelompok eksperiman di berikan aplikasi icode untuk di pelajari dan di pahami di rumahnya masing-masing, sedangkan kelompok kontrol diajarkan materi secara konvensional. Di akhir pembelajaran, kedua kelompok reponden diberikan posttestuntuk mengetahui peningkatan hasil belajar masing – masing kelompok.Selain posttest, responden pada kelompok eksperimen juga memberikan tanggapan mengenai penggunaan aplikasi icode dalam pembelajaran. Hasil pengujian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa yang belajar menggunakan aplikasi icode dengan hasil belajar siswa yang belajar secara konvensional. Selain itu, umumnya responden setuju kegiatan pembelajaran lebih menarik jika menggunakan aplikasi icode. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, maka aplikasi ini dapat menjadi alternatif media dalam menunjang kegiatan pembelajaran.


Full Text

PDF